Jumat, 24 Juni 2011

Morfologi Hamster

1.     Mata
Warna mata hamster terbagi menjadi beberapa tipe, yakni merah, ruby, hitam, kombinasi merah, kombinasi ruby, serta kombinasi hitam dan ruby. Ukuran mata hamster terbilang cukup besar untuk binatang seukurannya. Sayangnya, hewan ini buta warna.
2.     Hidung
Hamster memiliki hidung  berukuran kecil. Meskipun begitu, hamster merupakan hewan memiliki indra penciuman sangat tajam. Penciuman yang tajam berguna untuk mengimbangi penglihatan hamster yang kurang baik. 
3.     Pipi
Hamster memiliki pipi yang elastis sehingga sering disebut sebagai kantong pipi. Fungsi kantong pipi yaitu untuk mengangkut dan memindahkan makanan. Kantong pipi juga berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan membuat sarang dan menakut-nakuti musuh.
4.     Telinga
Telinga hamster kecil dan pendek, tetapi pendengarannya sangat tajam. Komunikasi sesama hamster menggunakan gelombang ultrasonik.
5.     Gigi
hamster memiliki gigi yang tumbuh terus-menerus. Untuk mencegahnya, hamster selalu menggigiti benda di sekitarnya. Memberi makanan dengan tekstur keras mampu menjaga gigi hamster agar tidak terus tumbuh. Total gigi pada hamster ada 16 buah.
6.     Kumis
Hamster  termasuk hewan berkumis. Kumis ini berfungsi untuk alat navigasi saat beraktivitas di kegelapan.
7.     Tubuh
Hamster memiliki ukuran tubuh relatif kecil. Hamster dewasa panjang tubuhnya  7-10 cm. Hamster jenis tertentu panjang tubuhnya 18-20 cm. Tubuhnya kuat dan lentur, Hamster memiliki bulu yang lebat dan halus di seluruh tubuhnya. Masa hidup hamster hanya sekita 2-4 tahun.
8.     Kaki dan Ekor
Hamster memiliki ekor yang sangat pendek. Kaki hewan ini juga  pendek, tetapi cukup kuat untuk memanjat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar