Jumat, 24 Juni 2011

Penyakit Pada Hamster dan Penanggulangannya

A.    Diare 
·         Penyebab diare yaitu.


1.     Terlalu banyak di beri sayur dan buah
2.     Pakan yang tidak terjaga kebersihannya
3.     Alas kandang yang kotor dan basah
4.     Serangan bakteri (bakteri E.coli)
·         Pengobatan secara umum
Hamster yang terkena penyakit di karantina dandi beri obat diare yang bias di dapatkan di petshop. 
B.     Perut kembung
Penyakit ini biasanya menyerang anakan hamster. Gejalanya hamster tidak bisa buang air besar. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada hamster. Cara mencgahnya yaitu dengan menjaga kebersihan pakan dan minuman dan selalu di ganti secara rutin.
C.     Iritasi mata
Iritasi mata biasanya terjadi karena adnya serutan kayu atau pasir yang masuk ke mata. Hal ini terjadi ketika hamster berguling guling di atas pasir. Jika di biarkan terlalu lama hamster bias mengalami katarak bahkan kebutaan. Untuk mengatasinya, bersihkan mata hamster dengan kapas yang dibe ri air hangat.
D.    Katarak
Penyakit ini biasanya terjadi pada hamster dewas atau tua. Penyebabnya adalah factor genetik dan kekurangan vitamin. Gejalanya seperti munculnya selaput yang menutupi bagian mata. Cara mengatasinya bias dengan cara member hamster wortel, kareman wortel mengandung banyak vitamin A.
E.     Tumor
Hamster yang beresiko terkena penyakit ini yaitu ketika sudah tua. Gejalanya yaitu muncul tonjolan dia salah satu bagian tubuh. Tumor tidak dapat di obati jadi harus di bawa ke dokter untuk penangan lebih lanjut.
F.     Kurap
Kurap (scabies) umumnya di sebabkan oleh kurang bersihnya kandang atau karena menggunakan pasir sebagai alas. Pasir yang basah akan menempel pada hamster dan menyebabkan iritasi dan rasa gatal. Cara mengatasinya mandiakan hamster menggunakan air hangat, setelah itu keringkan. Jika sudah terlanjur parah hamster dapat di obati dengan cara di suntik. Hamster yang terkena penyakit ini sebaiknya di pisahkan karena dapat menular.
G.    Bisul
Penyakit ini terjadi biasanya hamster di gigit semut atau nyamuk. Cara mengatasinya bersihkan bagian yang bisul dengan air hangat.berikan betadine pada bagian yang bisul. Untuk mencegahnya, taburi kapur barus dan pada malam hari tutup kandang dengan kawat kasa.
H.    Rontok bulu
Penyakit ini biasanya terjadi karena kekurangan vitamin dan akibat serangan kutu. Cara mengatasinya pastikan asupan sayur dan vitamin pada hamster di berikan secara rutin. Kemudian berikan obat antikutu pada hamster yang terserang penyakit ini.
  

9 komentar:

  1. lidia hidjratul rahmi19 Oktober 2013 pukul 02.39

    takaran yang baik untuk memberi makan hamster berapa ya ?

    BalasHapus
  2. hamsterku matanya ada selaput putih gtu kayanya si katarak, ini bener nyembuhinnya cuma pake wortel? tau obat lain gak? kasian matanya putih²

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan kan wortel bagus untuk mata jangankan untuk hewan untuk manusia aja bagus buat mata coba aja dlu

      Hapus
    2. Hamster ku juga gitu kaa, apa hamster kaka udh sembuh?

      Hapus
    3. Kak, sebaiknya ke dokter hewan untuk diberi obat tetes mata. Hamsterku matanya juga katarak tapi masih bisa diobati karena kataraknya masih sedikit.

      Hapus
  3. Hamster ku kek ada ijo ijo gitu,hamster aku winter white,apakah itu termasum katarak ato apa ya dan cara mengobati nya gmn ya? terima kasih.

    BalasHapus
  4. Hamster ku matanya keluar sebelah terus kayak berair gituh,gimana cara ngobatinnya

    BalasHapus
  5. Hamster ku kyaknya jenis campbell albino, cuman telinganya gada pink² nya.. terus matanya merah, sedikit nonjol, itu gapapa kan ya? aku takut kalo iritasi mata.. Trimakasi

    BalasHapus