Sabtu, 07 April 2018

STUDI EKSKURSI "TOPKAPI PALACE"


BAB I

Sejarah

Kompleks istana terletak di Seraglio Point ( Sarayburnu ), sebuah tanjung yang menghadap ke Golden Horn , di mana Selat Bosphorus bertemu dengan Laut Marmara . Datarannya berbukit dan istana itu sendiri terletak di salah satu titik tertinggi yang dekat dengan laut. Selama zaman Yunani dan Bizantium, acropolis dari kota Yunani kuno Byzantion berdiri di sini.

Setelah penaklukan Sultan Mehmed II ke Istanbul pada tahun 1453, Istana Besar Konstantinopel sebagian besar hancur. Pengadilan Ottoman awalnya didirikan di Istana Lama ( Eski Saray ), hari ini situs Universitas Istanbul di Beyazit Square. Mehmed II memerintahkan pembangunan Istana Topkapi dimulai pada tahun 1459. Menurut sebuah laporan dari sejarawan kontemporer Critobulus dari Imbros, sang sultan "berhati-hati untuk memanggil para pekerja terbaik dari mana-mana - tukang batu dan tukang batu dan tukang kayu ... Karena ia membangun besar bangunan yang layak dilihat dan harus dalam segala hal bersaing dengan yang terbaik dan terbaik di masa lalu. " Akun berbeda tentang kapan pembangunan inti dalam istana dimulai dan selesai. Kritovolous memberikan tanggal 1459–1465; sumber lain menyarankan konstruksi selesai pada akhir 1460-an.

Mehmed II mendirikan tata letak dasar istana. Tempat pribadinya akan terletak di titik tertinggi tanjung. Berbagai bangunan dan paviliun mengelilingi inti terdalam dan berakhir di tanjung menuju pantai Bosphorus . Seluruh kompleks dikelilingi oleh tembok tinggi, beberapa di antaranya tanggal kembali ke acropolis Bizantium. Tata letak dasar ini mengatur pola renovasi dan ekstensi masa depan. Tata letak dan penampilan Istana Topkapi adalah unik di antara tidak hanya wisatawan Eropa, tetapi juga istana Islam atau oriental. Wisatawan Eropa menggambarkannya sebagai "tidak teratur, asimetris, non-aksial, dan proporsi yang tidak monumental". Ottoman menyebutnya "The Palace of Felicity". Kehidupan sehari-hari yang ketat, seremonial, dan terkodifikasi memastikan pengasingan kekaisaran dari seluruh dunia. Salah satu prinsip utama adalah pengamatan keheningan di halaman dalam. Prinsip pengucilan kekaisaran adalah tradisi yang dikodifikasikan oleh Mehmed II pada 1477 dan 1481 dalam Kode Kanunname , yang mengatur urutan peringkat pejabat pengadilan, hierarki administrasi, dan masalah protokol. Prinsip pengasingan meningkat seiring waktu tercermin dalam gaya konstruksi dan pengaturan berbagai aula dan bangunan. Para arsitek harus memastikan bahwa bahkan di dalam istana, sultan dan keluarganya dapat menikmati privasi dan keleluasaan maksimum, memanfaatkan jendela-jendela panggang dan membangun lorong-lorong rahasia.

Belakangan sultan membuat berbagai modifikasi pada istana, meskipun tata letak dasar Mehmed II sebagian besar sudah dipraktekkan. Istana itu secara signifikan diperluas antara 1520 dan 1560, pada masa pemerintahan Suleyman the Magnificent . Kekaisaran Ottoman telah berkembang pesat dan Suleyman ingin kediamannya mencerminkan kekuatannya yang terus tumbuh. Arsitek utama pada periode ini adalah Persia Alaüddin, juga dikenal sebagai Acem Ali.  Ia juga bertanggung jawab atas perluasan Harem.

Pada 1574, setelah kebakaran hebat menghancurkan dapur, Mimar Sinan dipercayakan oleh Sultan Selim II untuk membangun kembali bagian-bagian istana yang rusak. Mimar Sinan memulihkan dan memperluas tidak hanya daerah yang rusak, tetapi juga Harem, pemandian, Kamar Privy dan berbagai paviliun pantai.

Pada akhir abad ke-16, istana telah memperoleh penampilannya yang sekarang. Istana adalah kompleks yang luas daripada struktur monolitik tunggal, dengan berbagai macam bangunan rendah yang dibangun di sekitar halaman, yang saling berhubungan dengan galeri dan lorong. Beberapa bangunan melebihi dua lantai. Dilihat dari atas, dasar istana dibagi menjadi empat halaman utama dan harem. Halaman pertama adalah yang paling mudah diakses, sementara halaman keempat dan harem adalah yang paling sulit dijangkau. Akses ke halaman ini dibatasi oleh tembok tinggi dan dikendalikan dengan gerbang. Selain empat sampai lima halaman utama, berbagai halaman berukuran kecil hingga menengah ada di seluruh kompleks. Perkiraan ukuran total kompleks bervariasi dari sekitar 592.600 m 2 (146,4 acre) hingga 700.000 m 2 (173 hektar).

Di sebelah barat dan selatan kompleks ini dibatasi oleh taman bunga kekaisaran besar, yang sekarang dikenal sebagai Gülhane Park . Berbagai bangunan terkait seperti istana musim panas kecil ( kasır ), paviliun, kios ( köşk ) dan struktur lain untuk kesenangan kerajaan dan fungsi sebelumnya ada di pantai di daerah yang dikenal sebagai Halaman Kelima, tetapi telah menghilang seiring waktu karena kelalaian dan pembangunan rel kereta garis pantai pada abad ke-19. Struktur pantai terakhir yang masih ada saat ini adalah Kios Keranjang , dibangun pada tahun 1592 oleh Sultan Murad III .


BAB II

Tipologi

Setelah pembentukan Republik Turki, Istana Topkapi, diubah menjadi museum pada tanggal 3 April 1924 dan itu juga merupakan museum pertama Republik Turki. Topkapı Palace Museum mencakup sekitar 400.000 squaremeters pada saat ini. Istana Topkapi terbagi dari kota dari sisi darat oleh Imperial Walls yang dibuat oleh Mehmed the Conqueror. Ini terbagi dari kota juga dari sisi laut oleh Tembok Byzantium. Istana Topkapı adalah salah satu museum istana terbesar dengan struktur arsitekturalnya, koleksi dan sekitar 300.000 arsip kertas.


Fasad

The Imperial Gate

The Gate of Salutation

The palace kitchens

The Gate of Felicity

The Conqueror's Pavilion

Library of Sultan Ahmed III


Struktur

Istana Topkapi adalah kompleks yang luas daripada struktur monolitik tunggal, dengan berbagai macam bangunan rendah yang dibangun di sekitar halaman, yang saling berhubungan dengan galeri dan lorong. Arsitektur monolitik meliputi bangunan-bangunan yang diukir, dilemparkan atau digali dari satu bagian material, dalam bentuk-bentuk historis bebatuan. Bentuk paling dasar dari arsitektur yang dibangun dari monolit adalah bangunan yang dipotong batu, bangunan dengan bahan struktural yang dituangkan ke tempat, paling sering dengan beton , juga dapat digambarkan sebagai monolitik. Istilah monolit dan elemen seperti kolom monolitik biasanya digunakan untuk benda-benda yang terbuat dari sepotong batu besar tunggal yang terlepas dari tanah.


                                                                      


BAB III

Landscape

Istana terdiri dari empat halaman dengan berbagai bangunan yang diletakkan di atasnya. Semua ini dikelilingi oleh tembok . Pada diagram, halaman pertama, kedua, ketiga dan keempat ditunjukkan oleh angka 1,9,19,28. Meter ini dari yang pertama sampai yang keempat secara konsisten kurang umum.



Jika halaman pertama bertempat pelayan dan janissari, maka pada kedua ada upacara resmi. Di halaman ketiga dan keempat, kehidupan pribadi para sultan dan keluarganya berjalan, dan lebih sedikit acara-acara negara seremonial diadakan. Misalnya, negosiasi pribadi. Di dalam tembok umum yang mengelilingi kompleks Topkapi, pekarangan juga dipisahkan oleh dinding dengan gerbang. Angka 2,8,18 menandakan masing-masing Gerbang Kekaisaran, Gerbang Salutation dan Gerbang Kebahagiaan. Skema ini menunjukkan berbagai bangunan kompleks istana. Nomor 3 menunjukkan bekas Gereja St. Irene; 5 - Museum Arkeologi; 12 - pembangunan Divan, 13 - menara Kehakiman, 14 - pintu masuk ke harem, 15 - kompleks harem; 17 - dapur; 20 - Ruang Audiensi - Arz Odasi; 31 - Paviliun Baghdad.


Interior

Pemandian Sultan dan Ibu Suri

Kamar berikutnya adalah Pemandian Sultan dan Ibu Suri ( Hünkâr ve Vâlide Hamamları ). Kamar mandi double ini berasal dari akhir abad ke-16 dan terdiri dari beberapa kamar. Ia didekorasi ulang dalam gaya rococo di pertengahan abad ke-18. 



Kedua pemandian menyajikan desain yang sama, terdiri dari caldarium , tepidarium dan frigidarium . Setiap kamar memiliki kubah, atau langit-langit di beberapa titik kaca dalam struktur sarang lebah untuk membiarkan sinar matahari alami masuk Lantai dilapisi marmer putih dan abu-abu. Bak marmer dengan air mancur hias di caldarium dan panggangan besi yang disepuh merupakan fitur yang khas. Pekerjaan kisi-kisi emas adalah untuk melindungi sultan pemandian atau ibunya dari upaya-upaya pembunuhan. Pemandian Sultan didekorasi oleh Sinan dengan ubin İznik polikrom berkualitas tinggi. Tapi banyak dekorasi ubin harem, dari struktur yang rusak akibat kebakaran tahun 1574, didaur ulang oleh Sultan Ahmed I untuk hiasan di Masjid Sultan Ahmed barunya di Istanbul. Dinding sekarang dilapisi marmer atau putih bersih.

Imperial Hall

The Imperial Hall ( Hünkâr Sofası ), juga dikenal sebagai Imperial Sofa, Throne Room Within atau Hall of Diversions, adalah aula berkubah di Harem, yang diyakini telah dibangun pada akhir abad ke-16. Ini memiliki kubah terbesar di istana. Aula ini berfungsi sebagai aula resepsi resmi sultan serta untuk hiburan Harem. Di sini sultan menerima orang kepercayaannya, tamu, ibunya, istri pertamanya ( Hasseki ), permaisuri, dan anak-anaknya. Hiburan, membayar penghormatan selama festival keagamaan, dan upacara pernikahan berlangsung di sini di hadapan para anggota dinasti.



Setelah Kebakaran Harem Besar tahun 1666, aula itu direnovasi dengan gaya rococo pada masa pemerintahan Sultan Osman III. Sabuk ubin yang mengelilingi dinding dengan prasasti kaligrafi dibalas dengan Delftware biru-putih abad ke-18 dan cermin-cermin kaca Venetian . Namun lengkungan dan liontin berkubah masih memiliki lukisan klasik yang berasal dari konstruksi aslinya.
Di aula berdiri tahta sultan. Galeri itu ditempati oleh permaisuri sultan, dipimpin oleh Ibu Suri. Kursi-kursi berlapis emas adalah hadiah Kaisar Wilhelm II dari Jerman , sedangkan jam-jamnya adalah hadiah Ratu Victoria dari Kerajaan Inggris . Sebuah pantry, tempat alat musik dipamerkan, terbuka ke Imperial Hall, yang menyediakan akses ke apartemen pribadi sultan.
Sebuah pintu rahasia di balik cermin memungkinkan sultan berjalan dengan aman. Satu pintu masuk ke apartemen Ibu Suri, satu lagi ke hammam sultan. Pintu-pintu yang berlawanan mengarah ke ruang makan kecil (dibangun kembali oleh Ahmed III) dan kamar tidur besar, sementara yang lain mengakui serangkaian ruang-ante, termasuk ruangan dengan air mancur ( Çeşmeli Sofa ), yang semuanya dicor ulang dan didekorasi ulang pada abad ke-17.

Kamar Privat Murat III

The Privy Chamber of Murat III ( III. Murad Has Odası ) adalah kamar tertua dan terbaik yang masih ada di harem, setelah mempertahankan interior aslinya. Itu adalah desain arsitek tuan Sinan dan berasal dari abad ke-16. Kubahnya hanya sedikit lebih kecil daripada Ruang Singgasana. Balainya memiliki salah satu pintu terbaik istana dan melewati sayap pangeran mahkota ( Kafes ). 



Kamar dihiasi dengan ubin İznik biru-putih dan karang-merah. Desain bunga yang kaya dibingkai di perbatasan oranye tebal tahun 1570-an. Sekelompok ubin bertuliskan berjalan di sekitar ruangan di atas tingkat rak dan pintu. Pola-pola arab yang besar dari kubah telah diwarnai dan diwarnai dengan warna hitam dan merah. Perapian besar dengan kap emas ( ocak ) berdiri di seberang air mancur dua tingkat ( çeşme ), dihias dengan terampil dalam marmer berwarna. Aliran air dimaksudkan untuk mencegah penyadapan, sambil memberikan suasana santai ke ruangan. Kedua tempat tidur baldachin yang dilapisi emas berasal dari abad ke-18.

Kamar Pribadi Ahmed I

Di sisi lain kamar tidur yang besar ada dua kamar yang lebih kecil: pertama Kamar Privy dari Ahmed I ( I. Ahmed Has Odası ), didekorasi dengan sangat mewah dengan ubin kaca İznik. Pintu lemari, jendela daun jendela, meja kecil dan podium Qur'an dihiasi dengan nacre dan gading.



Kamar Privy dari Ahmed III

Di sebelahnya adalah Kamar Privy yang kecil tapi sangat berwarna-warni dari Ahmed III ( III. Ahmed Has Odası ) dengan dinding yang dicat dengan panel desain bunga dan mangkuk buah dan dengan perapian ubin yang rumit ( ocak ). Ruangan ini karena itu juga dikenal sebagai Ruang Buah ( Yemis Odası ) dan mungkin digunakan untuk keperluan makan.

Twin Kiosk / Apartemen Putra Mahkota

The Twin Kiosk / Apartemen Putra Mahkota ( Çifte Kasırlar / Veliahd Dairesi ) terdiri dari dua kamar pribadi yang dibangun pada abad ke-17, pada waktu yang berbeda. Bangunan ini terhubung ke istana dan hanya terdiri dari satu lantai yang dibangun di atas platform yang ditinggikan untuk memberikan pandangan yang lebih baik dari dalam dan melindungi pemandangan dari luar.



Interior terdiri dari dua kamar besar, yang berasal dari masa pemerintahan Sultan Murat III, tetapi lebih mungkin dari masa pemerintahan Ahmed I. Langit-langitnya tidak datar tetapi berbentuk kerucut dalam gaya kios, membangkitkan tenda-tenda tradisional awal Ottoman. Seperti di tenda-tenda, tidak ada perabotan berdiri tetapi sofa diletakkan di lantai berkarpet di sisi dinding untuk tempat duduk. Kamar-kamar ini mewakili semua rincian gaya klasik yang digunakan di bagian lain istana. Paviliun telah sepenuhnya didekorasi ulang, dan sebagian besar kayu Barok telah dihilangkan. Ubin dekoratif, mencerminkan kualitas tinggi pengerjaan dari industri keramik Izai dari abad ke-17, telah dihapus sesuai dengan konsep asli dan diganti dengan salinan modern. Cat kubah kayu masih asli dan merupakan contoh dari desain yang kaya pada akhir abad ke-16 / awal 17. Perapian di kamar kedua memiliki kap, tinggi dan telah dikembalikan ke penampilan aslinya. Jendela daun di samping perapian dihiasi dengan intarsia nacre . Jendela-jendela di kaca berwarna terlihat di teras tinggi dan taman kolam di bawahnya. Spigots di jendela ini dikelilingi dengan desain merah, hitam dan emas.
Putra mahkota ( Şehzadeler ) tinggal di sini dalam pengasingan; oleh karena itu, apartemen juga disebut kafes (kandang). Putra mahkota dan pangeran lainnya dilatih dalam disiplin Ottoman Harem sampai mereka mencapai dewasa. Setelah itu, mereka dikirim sebagai gubernur ke provinsi Anatolia , di mana mereka lebih terlatih dalam administrasi urusan negara. Dari awal abad ke-17 dan seterusnya, para pangeran tinggal di Harem, yang mulai memiliki suara dalam administrasi istana. Kios Kembar digunakan sebagai ruang jamban putra mahkota dari abad ke-18 dan seterusnya.




Sumber :
http://dighist.fas.harvard.edu/courses/2015/HUM54/items/show/255?collection=4
https://en.wikipedia.org/wiki/Monolithic_architecture
https://en.wikipedia.org/wiki/Topkap%C4%B1_Palace
http://topkapisarayi.gov.tr/en/history
http://woman-az.ru/viewtopic.php?t=3312














Tidak ada komentar:

Posting Komentar